Jumat, 08 Maret 2019

R. Tjbl

1.    Jenis jaringan yang memiliki jangkauan paling sempit adalah LAN
2.    Teknologi jaringan tanpa kabel disebut WIRELESS
3. Berikut ini yang bukan kelebihan dari topologi BUS adalah diperlukan Reapater
4.    Topologi yang setiap workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin adalah TOKEN RING
5.    Kelemahan dari topologi Star adalah BOROS KABEL
6.    Lembaga yang membuat aturan baku yang dikenal dengan nama model refensi OSI (Open System Interconnection) adalah ISO
7.    Terdiri dari berapa bit angka biner pada IP Address ?32
8.    Contoh Second Level Domain di bawah ini adalah, kecuali  .COM
9.    macam IP Address yang digunakan untuk jaringan berukuran sedang dan besar adalah KELAS B

10. Crossover kabel memiliki fungsi menghubungkan
Client ke client
11.sebutkan urutan kabel UTP untuk standar urutan kabel staright PO, O, PH, B, PB, H, PC, C
12.Kabel fiber optik adalah  saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED[1].
13.sebutkan bagian-bagian kabel fiber optik = bagian inti/core, bagian Cladding., bagian coating. 
14.apakah fungsi bufet coating = Fungsi utama dari coating ini adalah sebagai lapisan untuk melindungi segala gangguan fisik dari permukaan kabel seperti lengkungan pada kabel serta kelembaban suatu udara yang dimana dapat berakibat rusaknya bagian lapisan dalam dari kabel fiber optik sendiri.
15.sebutkan dan jelaskan bagian-bagian kabel fiber optik = Pada bagian inti / core disini jenis yang digunakan kabel fiber optik ini adalah serat kaca, yang mana serta kaca ini yang menjadikan suatu pengaruh pada kualitas dari kabel fiber optik.
-bagian cladding, Untuk bagian ini adalah sutu komponen yang terbuat dari bahan kaca serta memiliki fungsi sebagai pelindung dari serat yang dijadikan bahan utama dalam kabel fiber optik tersebut.
-bagian coating/bufet, Untuk lapisan Coating ini juga sering dikenal sebagai mantel dari kabel fiber optik, bagian coating sendiri berbeda dengan bagian inti dan bagian cladding yang dimana kedua komponen tersebut terbuat dari kaca, untuk lapisan coating ini memang didesain dan terbuat dari bahan plastik. 
16.bagaimana cara kerja fiber optik = Fiber optik memiliki cara kerjanya sendiri yang membedakannya dengan kabel twisted pair atau kabel coaxial. Kabel fiber optik dibuat dari serat kaca dan dilapisi dengan kaca bukan tanpa sebab karena kabel ini mengubah sinyal listrik menjadi gelombang cahaya dengan fungsi cermin di dalam kabel. Dengan kemampuan untuk mengkonversi sinyal listrik, maka fiber optik memiliki kelebihan untuk mengurangi efek terhadap gangguan gelombang frekuensi elektrik. Maka dari itu fiber optik sangat cocok digunakan untuk ditempatkan di area dengan gelombang elektrik tinggi.
17. Sebutkan 2 jenis jaringan fiber optik = sigle mode, Multi Mode Step Index
18.sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi performance fiber optik = Loss, yang diakibatkan oleh panjang span fiber dan banyaknya splicing di sepanjang span fiber tersebut. Besarnya loss dari suatu span fiber bisa diukur dengan menggunakan OTDR.
19.sebutkan jenis konektor pada kabel fiber optik yang kamu ketahui 
20. Sebutkan 3 kekurangan kabel jaringan fiber optik = 
  • Perawatan dan pemasangan sulit, jika terjadi kerusakan pada kabel fiber optik, maka harus memanggil orang yang sudah berpengalaman dan sudah ahli pada bidang tersebut.
  • Harga relatif mahal jika dibandingkan dengan kabel jenis lainnya seperti UTP yang memiliki harga yang terjangkau.
  • Kabel fiber optik tidak bisa diletakkan di belokan yang sangat tajam, ini dikarenakan fiber optik menggunakan cahaya sebagai penghantar sinyal, jika kabel ditekuk maka cahaya akan bocor dan akan mengalir ke tekukkan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Arga Blog | Design : Noyod.Com | Images : Red_Priest_Usada, flashouille